PANDUAN SINCRON DATA LOKAL DAN PUSAT PADA SIM NUPTK CLIENT –SERVER

Pada saat transaksi data dilakukan baik melalui SIM NUPTK Client-Server maupun yang dilakukan melalui webBrowser ataupun SIM NUPTK SE, maka akan terjadi perbedaan data antar data lokal dan data yang ada di Pusat. Untuk menyamakan data lokal dan pusat harus dilakukan proses sincronisasi. Sincronisasi terdiri dari dua macam, yaitu



  1. Sincronisasi dari lokal ke pusat, pada saat menjalankan SIM NUPTK CS, operator dapat melakukan transaksi dilokal terlebih dahulu. Semua transaksi yang dilakukan belum merubah database pusat. Jika ingin merubah database pusat seperti, penambahan data individu yang berarti pengajuan NUPTK baru, harus dilakukan sincronisasi dengan menekan tombol Sincron.
  2. Sincronisasi dari pusat ke lokal, jika transaksi data seperti pengajuan NUPTK baru dilakukan, maka setelah proses selesai dan NUPTK terbit, maka harus dilakukan download hasil tersebut kedatabase lokal begitu pula semua perubahan data yang dilakukan menggunakan NUPTK WebBrowser, harus dilakukan sincronisasi database lokal dengan pusat
Adapun cara melakukan sincronisasi untuk perubahan data dipusat ke database lokal pada SIMNUPTK Client-Server adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan NUPTK Client-Server kemudian pilih Menu FileSincronisasi DataDatabase Server lokal < – - Server PMPTK
  1. Anda akan diminta memasukkan user dan password on-line anda.
  1. Masukkan user dan password on-line anda kemudian klik OK. Akan tampil Form Sincron.
  2. Pilih Jenis data yang ingin anda sincron antara data pusat dengan database lokal anda. Jenis data sincron terdiri dari Perbaikan Data, PTK Mutasi ke Daerah Lain dan Sincron NUPTK. Jika anda ingin download pengajuan NUPTK anda yang telah selesai pilih Sincron NUPTK kemudian klik tombol Cari.
  3. Daftar Nama akan muncul di kolom sebelah kiri form. Double klik PTK yang ingin anda lakukan sincron ke database lokal. Sincron Pusat ke database lokal untuk sementara dilakukan satu persatu.
  4. Setelah Detil Individu muncul di sebelah kanan form, klik tombol Update(Lokal). Klik OK pada dialog confirm. Individu tersebut berarti telah didownload ke database lokal. Klik kembali tombol Cari untuk me refresh daftar nama. Jika sincron berhasil
  5. Lakukan hal yang sama untuk Jenis Data yang lain dan Individu yang lain satu persatu untuk melakukan sincron semua yang terdapat pada dafter nama sampai daftar nama kosong.
Double klik nama Individu sehingga detil tampil

Pilih Jenis data kemudian Klik tombol untuk memunculkan daftar nama

Klik untuk mendownload ke database lokal

sumber : http://lpmp.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...