APLIKASI BSD GAGAL MELAKUKAN KONEKSI DATABASE..??

CARA MENGEMBALIKAN VERSI 207 DAPODIKDAS KE VERSI 206

Dapodikdas

Pada postingan ini. saya ingin membagikan cara atau TIPS, bagaimana mengembalikan VERSI 207 DAPODIKDAS KE VERSI 206. Trik ini untuk mengatasi permasalahan gagal koneksi database saat menjalankan Aplikasi BSD karena Aplikasi BSD 207 masih belum final, gagal koneksi Ini terjadi karena versi BSD anda dibawah versi Aplikasi Dapodik 207. sehingga saat Menjalankan Aplikasi BSD dapodik muncul pesan " Gagal Koneksi Database"

"PERINGATAN...! sebelum melakukan trik ini ada baiknya anda membackup terlebih dahulu database. bagaimana cara backup lihat disi

Bagi ops yang memerlukan, untuk kepentingan mendesak perbaikan data dan backup data BSD, berikut langkah mengembalikan versi 207 ke versi 206. yang tidak mendesak bisa menunggu aplikasi BSD untuk versi 207.

Langkah ini hanya merubah versi aplikasi saja, tidak merubah data didalamnya.
mohon lakukan langkah-langkahnya dengan teliti, agar berhasil.


Tulisan ini dibuat dikarenakan banyak yang mengeluhkan tidak dapat melakukan backup data melalui Aplikasi BSD di versi 207. Itu dikarenakan BSD yang saat ini beredar hanya bisa berjalan di versi 206 dan Aplikasi BSD untuk dapodikdas versi 207 belum realease. langkah ini dapt dilakukan sampai aplikasi BSD untuk versi 207 realease.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengembalikan versinya dari 207 ke 206 yang dibutuhkan adalah  dua file hasil perbaikan sebagai berikut


  • install.ini
  • pg_hba.conf
File mengembalikan patch 207 ke 206
File mengembalikan patch 207 ke 206

kedua file tersebut dapat anda unduh DISINI (melalui Google Drive)

silahkan buka link nya, untuk menyimpan semuanya pilih file  lalu pilh unduh





2. buka windows eksplorer, lalu menuju C:\Program Files\Dapodikdas\config disana akan ditemukan file dengan nama install.ini . paste-kan data install.ini hasil unduh  lalu pilihcopy and replace




3. install patch 206. bagi yang belum memiliki silahkan anda unduh DISINI (melalui Google Drive)




4. buka windows eksplorer, copy file pg_hba.conf hasil unduh, lalu paste-kan keC:\Program Files\Dapodikdas\database pilih copy and replace

jika tidak melakukan langkah 4 ini maka kita tidak akan dapat melakukan backup BSD, dan akan muncul keterangan "gagal melakukan koneksi database" jadi pastikan langkah ini tidak terlewat. Apabila gagal, tampilannya seperti dibawah ini (seperti halnya patch 207).
Gagal Restore


5. mundurkan tanggal di komputer ke 30 maret 2014




6. Buka aplikasi dapodikdas. sebelum login refresh browser dengan tekan Ctrl+F5.setelah login maka kita akan mendapati versi aplikasi kembali ke versi 206. dan kita dapat melakukan backup kembali dengan aplikasi BSD. Selesai !!

 
  semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...